25 Pertanyaan dan Jawaban : BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber : TSO di KBMN 20



MENDJADI NARASUMBER MATERI KE-5 KBMN 28

 

Malam ini malam Kamis

Aku ditemani bu Sita isi kelas menulis

Pesertanya Hebat dan kren abis

Pertanyaan ada 50, separuhnya blm dipublish

KREN …

 

Terima kasih yang sudah menyimak materi dan  membuat resumenya.  Saya sudah jawab 25 pertanyaan dari peserta namun karena ada 50 maka sisanya saya jawab di Blog ini :

P26 : Dari bapak  Amin

Bagaimana cara menautkan blog dengan medsos yang lain? Trimakasih

JAWAB : Caranya ikuti Tutorial di tautan berikut :

http://www.sukrialmarosy.com/2018/07/memasang-widget-media-sosial-pada-blog.html

 

 27 : Sy Rosjida Ambawani dari Ciamis.

Ingin menanyakan :

  1. Apa kelebihan dan kekurangan blog pribadi dibandingkan dengan blog "keroyokan" seperti kompasiana

JAWAB: Blog pribadi sepenuhnya diurus oleh kita sendiri sehingga tidak khawatir tulisan tahu-tahu dihapus. Kompasiana ada admin yang memantau tulisan kita, sehingga bisa tahu-tahu tulisan dihapus atau bahkan akunnya dihapus jika melanggar ketentuan. Kadang kita nggak ngerti ketentuan mana yang kita langgar.

Kelebihan kompasiana yaitu tulisan kita secara otomatis dipromosikan dengan muncul di halaman depan kompasiana. Apalagi kalau terpilih menjadi tulisan pilihan  atau artikel utama. Akan banyak yang baca tulisan kita. Kedudukan kompasiana di google juga kuat sehingga lebih berpeluang besar mendapat pengunjung dari google.

  1. Mengapa blog jarang ada dipencarian teratas google padahal para blogger ingin orang banyak mengakses blognya. Dan apa kiat-kiat agar blog kita popular. Makasih

JAWAB

Kebanyakan karena blognya masih baru atau tulisan kita di blog tidak banyak dicari orang. Maka tipsnya adalah tulislah hal yang sedang dicari banyak orang tapi belum banyak web/blog yang membahasnya.

P28  : Saya Hidmi Gramatolina dari Lombok.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Izin bertanya ya pak.

Kebetulan saya sedang melaksanakan proyek kolaborasi dengan bbrp guru mapel. Semester ganjil inginnya bisa terpenuhi, namun alasan guru simdig, blog baru dipelajari di semester genap ini.

Saya mengajar IPA TERAPAN, anak anak akan mempublish Laporan proyek / praktikumnya di blog masing-masing.

Pertanyaan saya,

1. Bagaimana strategi yang tepat dan menarik agar blog-blog yang dibuat siswa dalam proyek saya ini bisa konsisten dikerjakan siswa, sehingga mapel lain terus terintegrasi. Tidak hanya selesai begitu selesai tugas dari mapel saya.

2. Apakah rubrik penilaian dan nilai langsung dipublish juga dblog oleh bbrp guru mapel yg terkait. Misalnya guru simdig, guru BHS Indonesia

JAWAB

1. Jangan berhenti tugaskan siswa untuk menulis di blog. Bisa ajak guru lain untuk diskusi memanfaatkan blog untuk tugas pelajaran.

2. bisa bu.

P29 :  Saya Umatun Nur Islamiyati, usia sudah diatas 50 tahun.Asal Magelang

Pertanyaan: Berkah mengikuti KBMN 28 ini saya berusaha punya blog, akhirnya minta bantuan Bpk Eko saya dibuatkan blog.maturnuwun sanget Bpk Eko.

Sekarang sambil belajar menulis di Blog ,tetapi bila ada yang singgah. Saya belum bisa caranya mengomentari atau membalas komentar.mohon pencerahannya.maturnuwun.

JAWAB

Tulis komentar di kolom komentar yang ada di bawah postingan. Tinggal klik publish. Jika belum login, klik login ke blogger

 

P30 : Farida Lisanti, Musi Rawas

Assalamu'alaikum ,  wah materi kali ini sangat bermanfaat bagi saya selaku guru, terima kasih Pak Dail,  pertanyaan saya selain dalam bentuk bahan ajar, apakah bisa blog digunakan untuk LKPD, soal ujian ?

Mohon maaf sebelumnya, sempat terpikir kalau untuk soal ujian kan tidak bisa langsung ada skor ya pak...

JAWAB

Bisa. Dengan mencantumkan ke blog google form atau media lain yang diinginkan Google form skornya langsung muncul

P31: Saya Suhartini dari Lombok Tengah

P: Bagaimana membuat blog sebagai media pembelajaran yang menarik dan dapat bersaing dengan media lain seperti Youtube?

Jawaban : Bu Suhartini di Lombok Tengah,  Memang untuk menyaingi YoTube agak sulit, manusia lebih suka nonton daripada baca. Maka isilah Blog kita dengan ragam Youtube menarik. Maka akan banyak juga dkunjungi murid dan kawan-kawan bloger dan Youtuber.

P32 : Saya Afida-Sampang, izin bertanya,

Seperti dijelaskan bahwa blog itu website yang bersifat personal, apakah semua blog bisa kita percaya? Bagaimana cara memilah Milah mana blog yang bisa kita jadikan referensi untuk mengajar?

Apabila seseorang mempublish sesuatu yg hoax, otomatically untuk postingan selanjutnya akan kurang dipercaya. Bagaimana sih caranya agar postingan kita itu menjadi terpercaya, bahkan bisa populer seperti postingannya Om Jay?. Terimakasih

Jawaban :

Terima kasih bu Afida dari Sampang

Kalau memilah Blog yang yang bisa dipercaya, maka kita harus tahu dulu mana ilmu yang faktualnya Sehingga jika ada Blog yang posting suatu materi dan tidak sesuai maka jangan dikutip atau ambil sebagai rujukan. Seperti jika ibu Faham bagaimana beragama sesuai Quran Hadits, maka jika ada yang ajak untuk berbuat intoleransi dengan sesama penganut agama, ibu akan tolak.

Kalau ingin postingan kita terpercaya maka kita harus rutin posting yang jadi fokus Blog kita, sehingga jika ada yang caei materi tentang Seluk beluk Madura, maka akan terhubung ke Ibu misalnya.

 

P33 : Ijin bertanya, Nurkhotijah dr Wonosobo

Apakah ketika kita sudah mengaktifkan blog, terlebih seperti Kompasiana , wordpress harus selalu update tiap harinya?

Jawaban :  terima kasih bu Nur khotijah di Wonosobo,

Jika kita punya akun Kompasian dan Word pres maka  tulisn kita bisa di posting di keduanya, baiknya dibuat di word baru Copas dikeduanya. Jika dibuat disalah satu lau copas bisa kena pasal Plagiat. Kalau  diisi tulisan tiap hari lebih Ok, jadi selalu ada yang  baru.

P34 : Saya Yulis Setya Ningsih -SD Negeri 1 Karangharjo - Banyuwangi ijin bertanya.. 

Apakah dalam menulis di BLOG juga bisa menulis cerbung.. Atau cerita seri?

Jawaban : sangat bisa bun Yulis, malah kalau menarik akan dikomen, ditungggu sambungannya kata pembacanya.

P35  : Nama: Nanang Musafa', Asal Sekolah: MTsN 4 Trenggalek

Pertanyaan: Tolong dijelaskan tentang permalink otomatis dan permalink khusus dalam blogspot. Juga tentang Tag Robot Kustom. Apakah fungsinya. Terima kasih.

Jawaban : Saya belum mendalami Blog secara spesifik terima kasih pertanyaan yang Kren dari pak Nanang. Moga di tautan ini ada jawabannya :

https://glints.com/id/lowongan/permalink-adalah/#.Y8hirXZBxPY

https://qwords.com/blog/apa-itu-permalink/

Permalink Otomatis , Permalink khusus , Tag robot costum .

Jika ingin puas bisa tanya Pakat Blog dan IT di KBMN pak Brian.

P36 : Moh. Ali Husni-Trenggalek

Bolehkah kita memasukkan iklan pada blog media pembelajaran? Bagaimana caranya membuatnya?

Jawaban : Bisa saja pak Ali. Misal Bapak akan masukin Iklan jual bibit tanaman, maka Foto saja tanman yang mau diklankan dan bagi yang minat diminta japri di nomor bapak. Tapi ini di Blog Pribadi, kalau di Kompasiana gak bisa, kita akan kena pasal beriklan dan itu dilarang.

P37 : Samsinar_SMKN31_ Jakarta

1.Jika kita mempunyai lebih dari 1 blog apakah kita bisa memposting satu hal atau tulisan kita di blog yang lain secara berasamaan dengan judul dan isi yang sama?

2. Jika bisa bagaimana caranya.

Jawaban : Untuk pertanyaan 1 dan 2 , Bisa 1tulisan kita upload di Blog pribadi dan kompasiana misalnya. Saran saya dibuat di word dulu baru Copas dikeduanya. Jika dibuat di blog dicopas di Kompasiana akan kena pasal Plagiat.

P38 : Saya Suhartatik, Dari SMP PGRI 10 Candi, Sidoarjo.

Assalamualaikum Pak Dail..., Ingin bertanya bagaimana cara buka blog di pc lain. Bisakah blog yg biasa kita buka via hp dibuka di komputer atau laptop?. Terima kasih.

Jawaban : Bisa bu Suhartatik, kita bisa buka di 2 alat yang kita punya. Ini saya buat Blog kadang di Hp dan kadang di Laptop, buka dank omen juga sama bisa disalah satu atau keduanya. Kan emalnya sama.

P39 : Saya Suharto, Dari SMP Swasta Serang

Assalamualaikum Pak Dail...Mana lebih mudah dalam membuka dan menulis di Blog  antara di Hp and di  komputer atau laptop?.

Jawaban : Beda orang beda selera. Kalau saya karena suka dengan hal yang besar atau lebar, maka suka buat di laptop kadang kl di mobil atau perjalanan ya di HP. Ada pula yang sukanya di HP, jadi sesuai selera Bloger saja.

P40 : Seperti apa blog yg menghasilkan uang? Apa kontennya? Bagaimana agar orang mampir dan baca blog saya, jika mereka tdk saya beri link seperti pada murid saya misalnya. Nuwun.

Jawaban :  Ibu P40 , kalau konten bebas saja namun jika yang sedang trending atau viral maka akan bikin kepo pencari judul tersebut. Nah kalau hasilkan uang seperti Om jay di Blog Kompasiana karena Viewer atau pembacanya paling banyak dari sekian ribu penulis Kompasiana dalam 1 bulan.

Kalau ingin mereka baca dan mampir ya harus kirim linknya jika itu Blog pribadi, jika macam kompasiana. Bisa dengan kasih Kayword bisa ketemu. Misal bapak/ibu yang ingin tahu Buku Guru Hebat 1234, ketik saja di Google pencarian. Akan muncul deh.

P41 : Nama : sri mulyani, Asal sekolah : SMAN 1 Bantarsari Cilacap

Pertanyaan :  Utk saat ini youtuber sptnya lebih diminati drpd blogger di kalangan remaja. Bgm cara menumbuhkan minat remaja utk mjd blogger.

Jawaban : Bikin Youtube yang menarik remaja. Lalu linknya simpan dalam Blog kita. Lalu bagikan ling blog kita yang ada YouTube yang mereka cari. Akan berubah pikiran anak remaja, eh Blog itu kren ya. Bisa teks, dan video. Demikian ibu sri dari Cilacap, salam ke mantan saya bu Yun Afni. Hehe becanda bu.

 

P42 : Dari ibu Yuni Akbar, Semarang

Kl blog kita isinya tdk hanya fokus 1 bagaimana? Kan di blog itu ada label kategori yg bisa kita isi puisi, cerpen, travel dll.

Jawaban : Terima kasih bu Yuni Akbar yang ketemu di Kopdar KBMN di  Jakarta.

Tidak masalah bu, meskipun kita sudah mencantumkan fokus di 3 : puisi cerpen dan travel kalau mau bahas agama kan bisa masuk travel religi.  Bahas lato lato-lato tapi dalam bentuk puisi. Enjoy dan happy saja. Kan Blog itu salah satu tujuannya bikin hapi pemiliknya.

P43 : Selamat malam mba sita, saya Dewi Indria dari Seruyan Kalimantan tengah, Ijin bertanya. Apakah karya kita yang sudah dibukukan itu bisa kita tulis dalam blog kita, dan apa ada kaidah penulisannya? Terimakasih.

Jawaban : Ibu dewi dari Kalteng terima kasih  sdh bertanya.

Bisa saja bu, hanya agar menarik maka diparafrasekan, janganlah sama persis karena akan bikin pembaca boring, bikin dengan bahasa yang simple dan mudah dipahami.  Bisa ditambahkan gambar dan video yang mendukung. Buat saja 5 bagian. Misal bagian pertama mengapa Blog itu penting – bab 1 dari latar belakang masalah. Bagian kedua Beberapa Fakta Melejitnya minat belajar dengan media Blog, dan seterusnya. Kaidah di blog tak serumit di KTI, Enjoy saja. 

P44 : Saya Suhartini dari Lombok Tengah

P: Bagaimana membuat blog sebagai media pembelajaran yang menarik dan dapat bersaing dengan media lain seperti Youtube?.

Jawaban : Terima kasih bu Suhartini dari Lombok. Memang YouTube masih merajai karena secara alami, kita lebih suka menonton daripada membaca. Maka Blog kita jangan hanya tulisan, sisipkan gambar dan video yang relevan dengan judul dan konten yang kita bahas. Kalau menarik akan banyak pengunjung.

P45 : Nama: Yoyon Supriyono, Asal ; Cirebon

Izin bertanya, selain sebagai sumber belajar, apakah blog juga bisa sebagai media evaluasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar? Mohon contoh dan penjelasan.

Jawaban : Terima kasih atas pertnyaan Pak Yoyon Supriono dari Cirebon.

Blog bisa juga dijadikan media evaluasi. Maka bila kita sudah membuat soal ulangan harian atau PTS dan supaya anak mengunjungi Blog kita, sisipkan saja tautan atau Link G-Form yang ada soal tersebut di Blog. Sehingga anak akan membuikanya setelah membuka atau mengunjungi dblog kita gurunya.

Contohnya : Saya menugaskan membuat Stop kontak. Maka di blog kita Judulnya : Tutorial membuat Stop Kontak sederhana bagi Siswa SD, SMP dan SMA sederajat.

Buat kriteria, jika berhasil atau stop kontak karyanya menyala maka nilai 90, bila sangat baik dan rapih serta unik akan dapat nilai 100. Selain divideokan dan anak mengupload  link video di Blognya, lalu mengirim tautan blognya ke kita gurunya, anjurkan pada murid utk saling mengunjungi atau blog walking ke temannya. Karya aslinya bisa juga dikumpulkan fisiknya ke guru utuk keperluan sekolah.

 

P46 : Wahyuning_Jakarta

Terima kasih atas pemaparan yang Pak Dail sampaikan. Ada satu pertanyaan yang mengganjal di hati saya. Saya sering kali tak bisa membuat blog yang menarik, walau sudah memiliki blog sejak beberapa tahun lalu. Adakah tips dan trik untuk membuat blog yang menarik khususnya untuk kalangan siswa SD dan SMP?

Jawaban : Ibu Wahyuning di Jakarta,

Saya pun Blognya masih standar bu, Jika ingin menarik dari segi tampilan ibu bisa cari tutorial di  YouTube cara menata Blog agar menarik.

Tips agar menarik Murid seusia  SD dan SMP adalah pertama gunakan Judul yang membuat penasaran. Misal Ibu mau mengenalkan tata surya. Judul bisa di buat : Kiat Jalan-jalan ke Planet.

Dari konten anak seusia SD dan SMP lebih suka Grafis atau gambar dan animasi atau video maka lampirkan saja animasi atau gambar dan video yang relevan. Blog ibu akan disenangi murid.

P47 : Selamat malam. Helny Untu dari Manado. Saya ingin tahu cara membuat blog yang menarik dari segi penampilan. Terima kasih, Pak.

Jawaban : Ibu Helni dari Manado, saya pernak ke Hotel Ritzi dan Bunaken tahun 2005 kegiatan Survei Pilkada langsung. Manado Kren.

Kalau menurut saya, kriteria Blog yang menarik dari segi penampilan antara lain : Enak dilihat saat kita mengunjunginya, ornament, warna, dan menu-menu yang tersedia serba indah dan tak membosankan, mempesona siapa saja yang berkunjung. Akan tampak dari komentar para pengunjung blog tersebut yang umumnya kagum dan memuji.

Caranya kepoin dan tonton tutorial Youtube : Cara membuat blog yang menarik dan kren.

 

P48 : saya Nuari dari Jakarta

Mau bertanya : Bagaimana cara menilai tugas anak di blog?.

Jawaban : Ibu Nuari Jakarta , terima kasih sudah bertanya.

Kalau tugasnya itu membuat karya maka saat ibu melihat karya anak ibu tinggal tentukan berapa nilai masing-masing anak. Tentu dibuat kriteria nilai tertingginya. Namun karena dalam edukasi karya anak sebagaimanapun bentuk rupanya, jika ia membuat dan mengumpulkan maka hargailah usahanya, berilah nilai motivasi misalnya jika KKM 75 maka di atas KKm sedikit bagi yang paling minimal 80 misalnya.

Jika pilihan ganda maka di Blog ibu bisa saja lampirkan link G-Form yang tentu sudah ada kunci jawabannya, sehingga ibu bisa chek berapa skor tiap anak dan anakpun akan tahu skornya setelah submeet.  Soal isian dan esai kadang perlu chek manual lagi, karena ada opsi jawaban yang tak terakomodir kunci yang kita sediakan.

P49 : Hesti Anhor

Tanya: Bagaimana cara untuk menata jenis tulisan dalam blog?

Bagaimana agar tulisan kita menarik dalam blog, dan dibaca orang terutama tulisan lama, dan  apakah setiap tulisan harus selalu pakai gambar? Trm kasih.

Jawaban : Ibu Hestiu Anhor yang baik terima kasih pertanyaannya.

Bagaimana cara untuk menata tulisn di di Blog?. Jawaban saya adalah terus kepoin Blog teman atau orang lain yang menurut Ibu bagus, kl kenal japri dan minta ilmunya. Bisa juga ibu dengan cari Google : Cara menata tulisan di Blog.

Cara agar tulisan kita menarik adalah pertma buat judul yang menarik bikin penasaran pembaca. Misal tentang Blog buat saja judul terapi kesehan dengan blog. Tulisan lama bisa kita edt atau modifikasi. Penambahan gambar yang sesuai sangat dianjurkan karena banyak pembaca lebih suka gambar daripada teks semata.

P50 : Nama saya Rahman dari Sumenep Madura.

Saya mau tanya bagaimana menaikkan rating tulisan kita agar lebih cepat muncul dan terbaca?

Adakah kiat atau cara yg bisa dilakukan. Terima kasih

Jawaban : Terima kasih utk Bu Rahman dari Sumenep

1.     Optimasi Blog Versi Mobile.

2.     Lakukan SEO Audit.

3.     Perbaiki Waktu Loading.

4.     Perbaiki Link yang Rusak.

5.     Buatlah Anchor Text yang Sesuai.

6.     Beri Judul Pada Konten.

7.     Kembangkan Keyword Secara Konsisten.

 

 Demikian sedikit ulasan saya --semoga berm,anfaat dan maaf agak lambat karena kemarin di Sekolah Ipruh banyak tamu dan yang diurus.

https://www.kompasiana.com/dailyasalam2022/63c931c179342c50bb4cf4f2/bocah-sekolah-tk-bareng-mamahnya

 



 

Dail Ma'ruf Serang

Ketua yayasan Semesta Alam Madani Serang

9 Komentar

  1. Terima kasih yang sudah mampir dan tinggalkan jejak digital

    BalasHapus
  2. Maaantaaap master, dijawab semua, saya tempel aah di blog saya linknya he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan , sama-sama bu maesa. sehat dan sukses selalu utk bu Guru

      Hapus
  3. Saya tertinggal pas pelajaran Pak Dail. Tulisan ini sungguh membantu sekali. Terima kasih Pak Dail

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih bunda lilis

      Mg ada takdir ke ntb n ntt

      Hapus
  4. Luar biasa bermanfaat sekali tulisan bapak ini....🙏🏼🙏🏼

    BalasHapus
  5. Terimakasih ustadz,, sangat menginspirasi

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama